Hukum tajwid surat Al Maidah ayat 1 lengkap dengan tafsirnya

Assalaamu'alaikum, pada kesempatan yang mulia dan penuh barokah ini, kami akan membagikan uraian hukum tajwid surat Al Maidah ayat 1 lengkap dengan analisanya.

Tajwid surat Al Maidah ayat 1
Tajwid surat Al Maidah ayat 1

Tajwidaily | Surah Al-Ma'idah (bahasa Arab: سورة المائدة, translit. sūrah al-mā’idah, arti. 'hidangan') adalah surah ke-5 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 120 ayat dan termasuk golongan surah Madaniyah. Sekalipun ada ayat-ayatnya yang turun di Mekkah, tetapi ayat ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, yakni sewaktu peristiwa Haji Wada'.

Surah ini dinamakan Al-Ma'idah (hidangan) karena memuat kisah para pengikut setia nabi Isa meminta kepada nabi Isa agar Allah menurunkan untuk mereka Al-Ma'idah (hidangan makanan) dari langit (ayat 112).

Nama lain surat Al Maidah

Selain itu, Surah Al-Ma'idah juga disebut Al-Uqud (perjanjian), karena kata itu terdapat pada ayat pertama surah ini, yang memuat Allah menyuruh agar hamba-hamba-Nya memenuhi janji terhadap Allah maupun perjanjian-perjanjian yang mereka buat terhadap sesamanya. Dinamakan juga Al-Munqidz (yang menyelamatkan), sebab pada bagian akhir surah ini memuat kesaksian Isa Al-Masih terhadap kaum pengikutnya.

Sebelum menganalisa hukum tajwidnya, mari kita baca terlebih dahulu teks Arab, latin dan terjemah surat Al Maidah ayat 1 dibawah ini.

اَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحمٰنِ الرَّحِيْمِ

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَوْفُوْا بِا لْعُقُوْدِ ۗ اُحِلَّتْ لَـكُمْ بَهِيْمَةُ الْاَ نْعَا مِ اِلَّا مَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ غَيْرَ مُحِلِّى الصَّيْدِ وَاَ نْـتُمْ حُرُمٌ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ مَا يُرِيْدُ

yaaa ayyuhallaziina aamanuuu aufuu bil-'uquud, uhillat lakum bahiimatul-an'aami illaa maa yutlaa 'alaikum ghoiro muhillish-shoidi wa angtum hurum, innalloha yahkumu maa yuriid

"Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji. Hewan ternak dihalalkan bagimu, kecuali yang akan disebutkan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram (haji atau umrah). Sesungguhnya Allah menetapkan hukum sesuai dengan yang Dia kehendaki." (QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 1).

Tajwid surat Al Maidah ayat 1
Tajwid surat Al Maidah ayat 1

Tajwid surat Al Maidah ayat 1

Mad jaiz munfashil

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Mad jaiz munfashil, sebab mad ashli (mad thabi'i), yaitu Fathah berdiri menghadapi huruf hamzah pada lain kata. Panjangnya antara 2-5 harakat.
  2. Mad thabi'i (mad ashli), sebab huruf ya mati setelah kasrah. Panjangnya adalah 1 alif (dua harakat).

Mad Badal

اٰمَنُوْۤا

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Mad badal, sebab berkumpulnya Hamzah dengan huruf mad dalam satu kata (Alif fathah berdiri), tetapi posisi Hamzah lebih dahulu daripada mad, panjangnya yaitu 1 alif.
  2. Mad thabi'i (mad ashli), sebab huruf wawu mati setelah dlommah.

Huruf Lin

اَوْفُوْا

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Huruf lin (haraf lin), sebab huruf Wawu mati setelah fathah.
  2. Mad thabi'i (mad ashli), sebab huruf wawu mati setelah dlommah.

Alif Lam Qomariyah

بِا لْعُقُوْدِ ۗ 

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Alif lam qomariyah, sebab alif lam menghadapi huruf 'Ain, cirinya ada tanda sukun.
  2. Mad thabi'i (mad ashli), sebab huruf wawu mati setelah dlommah.
Tajwid surat Al Maidah ayat 1
Tajwid surat Al Maidah ayat 1

Hames

اُحِلَّتْ

Tajwid pada kata diatas adalah Hames, sebab huruf Ta disukun, cara membacanya yaitu mengeluarkan aliran udara dari mulut ketika membaca huruf Ta disukun tersebut.

Ikhfa Syafawi

لَـكُمْ بَهِيْمَةُ

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Ikhfa syafawi, sebab Mim mati bertemu huruf Ba. Lalu bacaannya didengungkan.
  2. Mad thabi'i (mad ashli), sebab huruf ya mati setelah kasrah.

Idzhar Halqi

الْاَ نْعَا مِ

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Alif lam qomariyah, sebab alif lam menghadapi huruf Hamzah.
  2. Idzhar halqi, sebab nun sukun menghadapi huruf 'Ain.
  3. Mad thabi'i (mad ashli), sebab huruf alif mati setelah fathah.

Mad thabi'i

اِلَّا مَا يُتْلٰى

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Mad thabi'i (mad ashli), sebab huruf alif mati setelah fathah, dan fathah berdiri diatas huruf Lam. Panjangnya adalah 1 alif (dua harakat).
  2. Hames, sebab huruf Ta disukun.

Idzhar Syafawi

عَلَيْكُمْ غَيْرَ

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Huruf lin (haraf lin), sebab huruf Ya mati setelah fathah.
  2. Idzhar syafawi, sebab Mim sukun menghadapi huruf Ghoin. Cara membaca idzhar syafawi yaitu huruf mim sukun dibaca dengan jelas (tidak dengung).
  3. Huruf Ra dibaca tafkhim (tebal), sebab berharakat fathah.

Alif Lam Syamsiyah

مُحِلِّى الصَّيْدِ

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Alif lam syamsiyah, sebab alif lam menghadapi huruf Shad, cirinya ada tanda tasydid. Cara membaca alif lam syamsiyah yaitu dengan mengidghamkan (memasukkan) huruf lam kedalam huruf yang ada didepannya, jadi bunyi huruf lam-nya tidak tampak.
  2. Huruf lin (haraf lin), sebab huruf Ya mati setelah fathah.

Ikhfa Aqrab

وَاَ نْـتُمْ حُرُمٌ ۗ 

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Ikhfa Aqrab (dekat), sebab nun mati menghadapi huruf Ta, cara membaca ikhfa aqrab adalah suara Nun mati atau tanwin mendekati bunyi "N". Kemudian suara ditahan dua ketukan agar tidak tertukar dengan Idzhar.
  2. Idzhar syafawi, sebab Mim sukun menghadapi huruf Ha.
Tajwid surat Al Maidah ayat 1
Tajwid surat Al Maidah ayat 1

Ghunnah dan Tafkhim Lam Jalalah

اِنَّ اللّٰهَ

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Ghunnah, sebab huruf Nun ditasydid. Cara membacanya huruf nun dibaca dengan dengung ditahan antara 2-3 harakat.
  2. Tafkhim (tebal), sebab Lam Jalalah didahului oleh fathah lalu dibaca dengan panjang 1 alif.

Qolqolah dan Mad 'Aridl Lissukun

يَحْكُمُ مَا يُرِيْدُ

Tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Mad thabi'i (mad ashli), sebab huruf alif mati setelah fathah.
  2. Qolqolah kubra (bila waqaf), sebab huruf qolqolah yaitu Dal sukun karena bacaannya diwaqafkan (berhenti). Bila disambung tidak terjadi hukum qolqolah.
  3. Mad 'aridl lissukun (bila dibaca waqaf), sebab mad thabi'i (Ya mati setelah kasrah) menghadapi huruf hidup lalu bacaannya diwaqafkan/berhenti. Panjangnya 2, 4 atau 6 harakat.

Tafsir surat Al Maidah ayat 1

Tafsir Ringkas Kemenag

1. Surah ini diawali dengan perintah kepada setiap orang yang beriman agar memenuhi janji-janji yang telah diikrarkan, baik janji kepada Allah maupun janji kepada sesama manusia.

Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji, yaitu janji-janji antara manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, dan manusia dengan dirinya sendiri, selama janji-janji itu tidak mengharamkan yang halal dan tidak menghalalkan yang haram.

Di antara janji Allah itu ialah hukum-hukum-Nya yang ditetapkan kepadamu, yaitu bahwasanya hewan ternak, yaitu unta, sapi, kambing, dihalalkan bagimu sesudah disembelih secara sah, kecuali yang akan disebutkan kepadamu haramnya, yaitu yang disebut pada ayat ketiga dari surat ini, dan juga dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram haji atau umrah. Sesungguhnya Allah menetapkan hukum halal dan haram sesuai dengan yang Dia kehendaki, menurut ilmu-Nya dan hikmah-Nya.

Itulah Analisa hukum tajwid surat Al Maidah ayat 1 lengkap dengan tafsirnya, semoga bermanfaat.